Selasa, 17 Januari 2012

PM Singaura : "Gaji Saya Sangat Tinggi, Tapi Tunjangan Obama Lebih Banyak"

SINGAPURA - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan, dirinya mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, namun Lee mengakui, Obama mendapatkan tunjangan yang lebih banyak darinya.

Perdana Menteri berusia 59 tahun itu mendapatkan kritik besar terhadap gajinya dari masyarakan Singapura. Lee pun berjanji memotong gajinya dan para pejabatnya. Meski gajinya dipotong, gaji Lee tetap lebih besar dari Obama, namun Lee tetap mengakui tunjangan Obama beserta para pejabatnya masih lebih banyak ketimbang dirinya.

"Betul, Presiden AS dibayar lebih rendah daripada saya. Namun para pejabat Gedung Putih boleh menaikki Air Force One, tinggal di Gedung Putih, dan berwisata ke Camp David," ujar Lee, seperti dikutipAFP, Rabu (18/1/2012).

Air Force One adalah pesawat Presiden AS, sementara itu Camp David adalah lahan seluas 0,5 km² di Taman Gunung Catoctin di Maryland, yang merupakan tempat peristirahatan Presiden AS.

Lee juga mengatakan, Presiden AS akan mendapatkan ratusan dolar ketika mereka pensiun dari tugasnya. Seperti halnya George W. Bush, dirinya menerima USD15 juta atau sekira Rp136 miliar (Rp9.167 per USD).

Meski mengalami pemangkasan gaji, gaji Lee tetap lebih besar dan bahkan dinobatkan sebagai gaji petinggi negara terbesar di dunia. Gaji Lee dipotong 36 persen masih berkisar antara USD1,69 juta atau sekira Rp15 miliar. Gaji itu diketahui masih jauh lebih besar daripada gaji Obama yang hanya menerima USD400 ribu atau sekira Rp3 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More