Rabu, 25 Januari 2012

Survey, Akhir 2012, Android Lebih Populer Ketimbang iOS

CALIFORNIA - Sebuah survei menunjukkan bahwa akhir tahun ini, kepopuleran Android di kalangan pengembang akan melaju mengungguli iOS. Alasannya karena semakin banyak jumlah variasi yang muncul di sistem operasi kreasi Google itu.

Baru-baru ini firma penelitian Ovum mengumumkan perkiraan tersebut dalam survei tahunan developer kedua perusahaannya. Menurut mereka, dalam rentang waktu 12 bulan, Android akan jadi platform utama untuk para pengembang dan menggantikan posisi iOS.

Dilansir InternationalBusinessTimes, Rabu (25/1/2012), tumbuhnya minat para developer terhadap Android akan jadi indikasi pertumbuhan lebih luas terhadap sistem operasi alternatif. Selain itu, ketertarikan para pengembang terhadap Windows Phone juga akan meningkat sepanjang 2012 ini.

"Momentum yang berkembang di balik Windows Phone menunjukkan keberhasilan Microsoft meyakinkan para pengembang, bahwa platform mereka layak jadi investasi. Sekarang yang jadi tantangan adalah soal membujuk konsumen," terang Adam Leach, Device & Platform Practice Leader di Ovum.

Leach melaporkan bahwa pertumbuhan tersebut merupakan bagian dari gerakan perpindahan para pengembang, dari JAVA dan Flash tradisional menuju ke HTML 5, yaitu bahasa pemrograman yang bekerja pada Android sekaligus Windows Phone, sehingga memudahkan pembuatan dan perilisan aplikasi untuk ekosistem mobile yang berbeda.

"Kesuksesan suatu platform ponsel cerdas tidak hanya ditentukan oleh daya tarik untuk konsumen serta dorongan yang diberikan vendor dan operator mobil. Namun juga ditentukan oleh kesehatan ekonomi aplikasi yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga," tandas Leach.

"Oleh karena itu, memahami pilihan dan dampak dari pilihan para pengembangmerupakan hal yang penting bagi seluruh pemain di ekosistem ponsel cerdas," tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More