Sabtu, 28 Januari 2012

Barcelona Tertahan Lagi di Kandang Lawan

VILLARREAL – Barcelona kembali gagal memetik kemenangan di kandang lawan. Melawat ke El Madrigal kandang Villarreal, secara tak terduga Barcelona hanya bermain imbang 0-0. Jarak mereka dengan Real Madrid pun sekarang menjadi tujuh poin.
 
Poin Barca kini 45 sementara Real Madrid sudah mengantongi 52 poin. Performa tandang Barca di La Liga musim ini memang sangat mengecewakan. Dari sepuluh kali bertandang ke markas lawan, Barca hanya menang empat kali dan imbang sebanyak lima kali.
 
Bandingkan dengan Madrid yang meraih delapan kali kemenangan dan hanya sekali imbang serta sekali kalah. Banyaknya hasil imbang di kandang lawan ini, amat potensial membuat Barca gagal menjuarai La Liga musim ini.
 
Kendati The Yellow Submarine hanya menempati peringkat ke-17 tetapi banyaknya pemain Barca yang cedera seperti David Villa, Andres Iniesta, dan Pedro membuat daya serang Blaugrana tak maksimal. Bahkan, Alexis Sanchez yang masih cedera bahu dipaksakan tampil oleh Josep Guardiola di 30 menit terakhir.
 
Laga pada Minggu (29/1/2012) dinihari WIB itu sendiri berlangsung ketat. Barcelona langsung mendapat peluang di menit ketiga saat Daniel Alves lepas dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan kiper Diego Lopez. Namun, tendangan Alves masih bisa dihalau Lopez dan hanya menghasilkan sepak pojok.
 
Tuan rumah mendapatkan peluang pertamanya di menit ke-10 melalui gelandang serangnya Cani. Namun, tendangannya masih belum menemui sasaran. Semenit kemudian, giliran Lionel Messi yang memiliki peluang mencetak gol. Sayang tendangan volinya melambung jauh di atas gawang Diego Lopez.
 
Pada menit ke-14, duel udara antara Daniel Alves dan Borja Valero membuat kepala keduanya berbenturan. Alves pun mesti menepi ke pinggir lapangan untuk dirawat oleh tim medis. Satu menit kemudian, Valero kembali terlibat benturan dengan pemain Barca, kali ini gelandang yang sempat bermain di West Brom di Premier League itu menekel Sergio Busquets. Namun, wasit tak memberikan kartu kuning.
 
Masih di menit ke-15, kerja sama Daniel Alves dan Lionel Messi nyaris menggetarkan gawang Villarreal tetapi beruntung tendangan Alves masih bisa diblok Juan Oriol dan hanya berbuah tendangan penjuru. Dari sepak pojok ini, Gerard Pique mampu menyundul bola tetapi sundulannya masih terlalu lemah hingga bisa diamankan oleh Diego Lopez.
 
Barcelona mendapatkan peluang terbaiknya di babak pertama pada menit ke-18, saat umpan terobosan Daniel Alves kepada Lionel Messi berhasil dicungkil Messi melewati Diego Lopez tetapi sayangnya bola lobnya masih melebar tipis di samping gawang Villarreal.
 
Pada menit ke-21, wasit Jose Teixeira mengusir salah seorang staf pelatih Villarreal. Ditengarai, salah seorang staf pelatih Villarreal itu mengatakan sesuatu yang tak patut. Pada menit ke-28, Villareal kembali mendapatkan peluang emas. Victor Valdes yang keluar dari sarangnya untuk meninju bola malah bertabrakan dengan Gerard Pique, bola yang ditendang oleh pemain Villarreal beruntungnya masih bisa dihalau Javier Mascherano di garis gawang Barca.
 
Pada menit ke-35, The Yellow Submarine kembali mendapatkan peluang, kali ini melalui delantero alias penyerangnya asal Argentina, Marco Ruben. Namun, tendangan Ruben yang memanfaatkan umpan silang Cani masih jauh melambung di atas gawang Victor Valdes. Villarreal benar-benar menyulitkan Barca karena hanya berselang satu menit mereka kembali mendapatkan peluang.
 
Tendangan jarak jauh Marcos Senna mengancam gawang Barcelona tetapi beruntung Victor Valdes masih bisa menepisnya dengan susah payah. Babak pertama pun berakhir dengan skor kaca mata dan Barcelona lagi-lagi terancam kehilangan poin di kandang lawan.
 
Memasuki babak kedua, Villarreal seharusnya mendapatkan penalti saat Sergio Busquets menjatuhkan Borja Valero di dalam kotak penalti tetapi wasit Jose Teixeira memilih mengabaikannya. Para pemain Barcelona yang kesulitan membahayakan gawang Diego Lopez di babak pertama tampak lebih kesulitan lagi mengancam gawang Villareal di babak kedua.
 
Pada menit ke-60, Josep Guardiola pun memutuskan memasukkan Alexis Sanchez menggantikan Gerard Pique yang cedera. Pada menit ke-63, Adriano sempat melewati beberapa pemain belakang Villarreal sebelum melepaskan tembakan. Namun, bola belum menemui sasaran dan melambung jauh ke atas mistar.
 
Hingga pertengahan babak kedua, belum ada satu pun peluang emas yang bisa diciptakan para pemain Barca. Mereka benar-benar bermain di bawah performa terbaiknya. pada menit ke-79, Barcelona nyaris unggul lewat kemelut di dalam kotak penalti. Umpan pemain pengganti Christian Tello kepada Cesc Fabregas bisa ditendangnya tapi bola masih membentur mistar gawang Diego Lopez.
 
Pada menit ke-87, Barcelona kembali nyaris mencetak gol. Kerja sama Lionel Messi dan Alexis Sanchez ditendang Sanchez tetapi bola masih bisa diblok Diego Lopez dan bola muntah yang jatuh ke kaki Fabregas kembali ditendang. Namun, lagi-lagi bola hanya mengenai mistar gawang Villarreal. Keberuntungan tampaknya tidak memihak Barcelona di laga tersebut.
 
Pada menit ke-88, tendangan keras terarah Lionel Messi masih bisa dihalau portere alias penjaga gawang Diego Lopez yang bermain gemilang di hari itu. Kegemilangan Diego Lopez dan disiplinnya para pemain Kapal Selam Kuning akhirnya memaksa Barcelona harus puas dengan skor kaca mata 0-0 dan pulang dengan satu poin.
 
Susunan pemain:
 
Villarreal (4-4-2): 13-Diego Lopez; 6-Angel Lopez, 4-Musacchio, 2-Rodriguez, 3-Oriol; 21-Soriano, 20-Valero, 19-Senna (5-Marchena 90’), 10-Cani (16-Castellani 72’); 41-Joselu, 9-Ruben (17-Camunas 83’).
Pemain cadangan: 1-Cesar, 12-Zapata, 14-Mario, 8-De Guzman.
 
Barcelona (4-3-3): 1-Valdes; 5-Puyol, 3-Pique (9-Sanchez 60’), 14-Mascherano, 22-Abidal; 6-Xavi (11-Thiago 76’), 16-Busquets, 4-Fabregas; 2-Alves, 10-Messi, 21-Adriano (37-Tello 76’).
Pemain cadangan: 13-Pinto, 28-Dos Santos, 30-Roberto, 39-Cuenca.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More