Kamis, 26 Januari 2012

Buffon, Portiere Numero Uno

TURIN – Di antara banyak ajang yang menilai pesepakbola, terutama untuk kategori kiper, tak semuanya memenangkan potero Real Madrid. Khusus untuk IFFHS (Federasi Sejarah Sepakbola dan Statistik Internasional), Gianluigi Buffon-lah yang didaulat nomor wahid se-dunia.
 
Kualitas cemerlang Buffon yang mengantarkan Juventus kembali ke puncak tangga Serie A, dianggap capaian terbaik seorang kiper se-kolong langit. Buffon membawahi kiper hebat macam Iker Casillas dan bahkan legenda seperti Peter Schmeichel, Walter Zenga cs.
 
Menurut lansiran laman resmi klub, Juventus.com, Kamis (26/1/2012), Buffon keluar sebagai kiper terbaik di antara kiper-kiper yang ada selama 25 tahun belakangan ini. Menurut IFFHS, Buffon mengungguli rival-rivalnya dengan perolehan 226 poin.
 
Sementara, Casillas hanya menduduki posisi kedua, dengan 213 poin. Di belakangnya menyusul Edwin Van Der Sar (201), Peter Schmeichel (179), Oliver Kahn (162), Petr Cech (154), José Luis Felix Chilavert (146), Walter Zenga dan Andoni Zubizarreta (132), serta Claudio Taffarel (130).
 
Penghargaan individu IFFHS Best Goalkeeper of the Decade ini adalah salah satu pengakuan dunia yang penting untuk portiere berusia 33 tahun itu. Bisa dibilang, award ini adalah yang pertama dan paling relevan dari sejumlah penghargaan individu yang didapat Buffon.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More