Sabtu, 28 Januari 2012

Putin: AS Ingin Kuasai Urusan Seluruh Negara

MOSKOW - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menuding Amerika Serikat (AS) mencoba untuk menguasai apapun dan mencampuri urusan domestik seluruh negara di dunia ini.

Putin juga menilai, AS tidak pernah sudi bekerja sama dengan Eropa dan Rusia, terkait isu sistem pertahanan misil yang mengancam kedaulatan Rusia.

"Mereka (AS) ingin menguasai segalanya. Terkadang, saya melihat AS lebih menginginkan seorang 'pengikut' daripada sekutu. Mereka juga tidak pernah siap untuk bekerja sama secara adil dengan Eropa maupun kami," ujar Putin, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (27/1/2012).

"Kerja sama yang adil dapat diartikan dengan mengindentifikasikan ancaman bersama dan bahu membahu dalam membangun sistem pertahanan," imbuhnya.

Mantan pejabat intelijen Rusia itu juga mencemooh strategi AS yang mencoba mengembangkan pengaruhnya ke berbagai negara di dunia ini. Putin juga menuding negara-negara Barat mendanai beberapa organisasi di Rusia yang bergerak dengan motif politis. 

Putin pun bersumpah untuk menghalangi segala bentuk intervensi yang dilakukan oleh pihak asing terhadap urusan domestik Rusia, seperti halnya mendukung para oposisi Rusia agar menggulingkan Pemerintah Rusia. 

Pernyataan Putin muncul pada saat dirinya berkampanye di pemilihan umum Presiden Rusia. Meksi ditantang oleh sejumlah oposisinya, Putin dinilai menjadi kandidat Presiden Rusia yang paling kuat

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More