Sabtu, 28 Januari 2012

Gol Telat Kuyt Singkirkan United

LIVERPOOL – Dirk Kuyt benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Manchester United. Golnya di menit ke-88 membawa Liverpool menang 2-1 di babak keempat FA Cup di Stadion Anfield, Sabtu (28/1/2012).

Padahal, Dutchman ini baru masuk di babak kedua tepatnya di menit ke-64. Para penggemar Manchester United tentu masih belum bisa lupa bagaimana Kuyt mencetak hattrick atau tiga gol ke gawang Edwin van der Saar saat The Reds menang 3-1 di Anfield pada 6 Maret 2011 silam.

Kali pertama wasit Mark Halsey meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan, United berupaya menguasai bola dan permainan. Tapi Liverpool ternyata sudah siap menghadang gebrakan di menit-menit awal. Duet bek sentral Martin Škrtel dan Jamie Carragher masih mampu meredam Ryan Giggs dkk.

Tapi, memasuki menit keempat, Liverpool mendapat peluang pertama, melalui Maxi Rodríguez. Maxi yang mendapat ruang tembak, tak pikir panjang untuk melepas sepakan keras terarah ke gawang United yang di kawal David De Gea. Kiper yang belum lama menjalani operasi mata itu pun masih mampu membendung tendangan Maxi.

Empat menit berselang, United yang bergantian mengancam sarang The Kop lewat Ryan Giggs. Giggs yang serupa dengan Maxi – mendapat ruang tembak, berspekulasi dengan kaki kirinya. Beruntung, Pepe Reina berada dalam posisi yang ideal untuk mengamankan peluang Giggs di menit ke-8 tersebut.

Serangan silih berganti pun terjadi lagi, kala Gerrard hampir mencetak gol pembuka di menit ke-9. Berawal dari umpan Jordan Henderson yang menerobos sayap kiri United, umpan yang harusnya bisa dikuasai Gerrard, sedikit tak terkontrol. Akibatnya, Gerrard yang sudah berada di mulut gawang De Gea, hanya mampu menyontek peluangnya dengan lemah.

Setan Merah yang kian agresif karena permainannya diimbangi tuan rumah, kembali menebar teror di menit ke-17. Antonio Valencia yang lolos dari kawalan, merangsek masuk ke kotak penalti The Reds. Tanpa ampun, Valencia mencoba melepaskan sepakan keras. Beruntung, Pepe Reina masih mampu mementahkan peluang winger internasional Ekuador tersebut.

Setelah beberapa lama menunggu, Liverpudlian akhirnya bersorak-sorai di menit ke-21. Adalah Daniel Agger yang mendapat assit dari Gerrard, membuka kebuntuan untuk tuan rumah. Gerrard yang mengirim umpan panjang dari sepak pojok, membuat para pemain United berkerumun untuk memotongnya. Tapi sayangnya, Agger yang muncul tak terkawal, mampu menanduknya. Sarang United pun koyak, skor berubah 1-0 untuk Merseyside Merah.

United baru bisa menyeimbangkan kedudukan, enam menit sebelum turun minum. Akselerasi Rafael yang tak terjekar José Enrique, membuat Rafael dengan mudah mengirimkan umpan pendek kepada Park Ji-Sung di depan muka gawang Reina. Park pun merampungkan peluangnya menjadi gol di menit ke-39. Papan skor berubah, 1-1 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tuan rumah mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-58, Carroll meminta penalti karena Chris Smalling yang tengah terjatuh mengenai bola dengan tangannya tetapi wasit Mark Halsey menganggap tangan Smalling tidak aktif. Semenit kemudian, ganti tim tamu yang mendapat peluang.

Umpan terobosan kepada Park Ji-Sung berhasil diterima pemain asal Korea Selatan itu dengan baik hingga mengecoh Pepe Reina yang keluar dari sarangnya tetapi bola keburu diantisipasi Skrtel yang dengan sigap menghalau bola keluar lapangan. Pada menit ke-64, King Kenny melakukan dua pergantian pemain sekaligus.

Dirk Kuyt masuk menggantikan bek veteran Jamie Carragher dan Charlie Adam menggantikan winger Argentina Maxi Rodriguez. Masuknya dua pemain pengganti ini membuat formasi The Reds berubah dari 5-4-1 menjadi 4-2-3-1. Pada menit ke-65, De Gea lagi-lagi nyaris membuat blunder saat umpan silang yang tak berbahaya lepas dari tangkapannya. Beruntung, bola hanya keluar ke sisi lapangan dan menghasilkan sepak pojok bagi Liverpool.

Pada menit ke-67, The Reds mendapat tendangan bebas di sisi kiri tak jauh dari kotak penalti United. Stevie G yang mengeksekusi tendangan bebas itu berhasil diselamatkan dengan baik oleh De Gea. Tak lama berselang, masih di menit yang sama, tendangan keras luar Michael Carrick dari luar kotak penalti masih sedikit menyamping di gawang Reina.

Gerrard justru ditarik keluar lapangan di menit ke-72 digantikan Craig Bellamy. Formasi The Reds pun berubah lagi menjadi 4-4-2 dengan duet Bellamy-Carroll di depan. Pada menit ke-77, Sir Alex Ferguson melakukan pergantian pertama dengan memasukkan strikernya Javier ‘Chicharito’ Hernandez menggantikan Ginger Prince Paul Scholes. Chicharito berduet dengan Welbeck di lini depan. Kedua tim pun sama-sama bermain dengan formasi 4-4-2 di 10 menit terakhir.

Pada menit ke-81, tendangan jarak jauh mendatar Charlie Adam masih menyamping tipis di gawang De Gea. Pada menit ke-87 umpan jauh United kepada Chicharito nyaris berbuah gol tetapi bola keburu dihalau Pepe Reina yang keluar dari sarangnya dengan kepalanya. Bola muntah yang jatuh ke kaki Danny Welbeck langsung ditendangnya tapi masih bisa dihalau oleh Martin Skrtel.

Gol yang ditunggu The Kop akhirnya tercipta di menit ke-88. Berawal dari umpan jauh Pepe Reina yang sempat mengenai kepala Andy Carroll, bola lantas bergulir ke Dirk Kuyt yang tak terkawal oleh kapten United, Patrice Evra.
Dutchman ini pun melepaskan tendangan voli keras yang tak mampu ditepis De Gea. Gol! King Kenny dan striker mereka yang tengah diskorsing, Luis Suarez beserta seisi Stadion Anfield pun bersorak kegirangan. Liverpool dua Manchester United satu.

Hanya berselang satu menit kemudian, tuan rumah nyaris menambah keunggulan saat umpan silang Jose Enrique berhasil disundul dengan baik oleh Andy Carroll. Namun, sundulan bomber berkuncir kuda itu masih membentur mistar gawang De Gea. Bola pantulan lantas jatuh ke kaki Dirk Kuyt tetapi tendangannya malah melebar ke samping gawang United. The Red Devils akhirnya harus menyerah 1-2 dan terpaksa harus tersingkir. The Reds pun memenangi Northwest Derby dan melenggang ke babak selanjutnya FA Cup.

Susunan pemain:

Liverpool (5-4-1): 25-Reina; 34-Kelly, 23-Carragher (18-Kuyt 64’), 37-Skrtel, 5-Agger, 3-Enrique; 19-Downing, 14-Henderson, 8-Gerrard, 11-Maxi (26-Adam 64’); 9-Carroll.
Pemain cadangan: 32-Doni, 16-Coates, 2-Johnson, 33-Shelvey, 39-Bellamy.

Manchester United (4-5-1): 1-De Gea; 21-Rafael, 12-Smalling, 6-Evans, 3-Evra; 25-Valencia, 22-Scholes (14-Chicharito 77’), 16-Carrick, 11-Giggs (9-Berbatov 90’), 13-Ji Sung; 19-Welbeck.
Pemain cadangan: 34-Lindegaard, 5-Ferdinand, 20-Fabio, 42-Pogba, 48-Keane, 14-Chicharito.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More