Sabtu, 28 Januari 2012

Dwigol Matri Kokohkan Posisi Juventus

TURIN – Duel dua Zebra antara Juventus melawan Udinese berlangsung sengit. Dua gol Alessandro Matri di menit ke 42 dan 62 serta satu gol balasan dari Antonio Floro Flores menghasilkan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Juventus.
 
Pada giornata ke-20 Serie A Juventus menjamu Udinese di stadion Juventus Arena diwarnai dengan badai salju. Tapi tak menyurutkan permainan dari kedua. dari segit teknik, kedua pelatih memainkan pola yang berbeda dari biasanya dengan mengandalkan tiga bek centre.
 
Alhasil kedua kubu tampil menyerang dan memainkan dengan tempo yang cukup tinggi. Juve mendapatkan peluang pertama lewat Marcelo Estigarribia di menit kedua. namun Samir Handanovic bermain gemilang dengan memblok tendangan pemain Timnas Paraguay itu.
 
Menit ke 15 gantian Udinese yang memiliki dua peluang membahayakan, dari Antonio Di Natale dan Armero, di mana kedua tendangan keras mereka masih mampu ditepis oleh Gianluigi Buffon.
 
Memasuki menit ke 20, Giaccherini yang melakan tusukan ke jantung pertahanan Udinese. Tapi sayang usahanya hanya menghasilkan tendangan penjuru. Begitu juga dengan peluang Matri di menit ke 23 lewat serangan balik. Matri yang telah berhadapan langsung dengan kiper, ternyata masih bisa dihalau Handanovic.
 
Juve kembali menyia-nyiakan peluang, kali ini lewat kaki Fabio Quagliarella. Melalui skema satu dua antara Giaccherini dan Quagliarella, bola gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Quagliarella karena tendangannnya terlalu tinggi.
 
Setengah jam pertandingan, kedudukan tetap tanpa gol dengan diiringi salju yang semakin deras turun. Tepatnya di menit ke 34, Lichtsteiner gagal memanfaatkan dengan baik umpan dari Quagliarella. Bek Swiss itu tinggal berhadapan dengan Handanovic, tapi pergerakannya yang terbilan terlalu lama mampu diblok dengan baik oleh pertahanan Udinese.
 
Lima menit jelang pertandingan berakhir, kedua zebra sama-sama melakukan jual beli serangan. Tapi yang beruntung adalah Juve, di mana pada menit ke 43, Matri mencetak gol untuk membawa Juventus unggul 1-0.
 
Berawal dari Estigarribia yang melakukan crossing ke jantung pertahanan Udinese, disambut dengan sundulan kepala Quagliarella. Bola mampu ditepis oleh Handanovic, tapi kurang sempurna. Matri yang terjaga, mampu memanfaatkan bola rebound tersebut dengan membobol gawang Udinese. Skor 1-0 untuk Juventus ini ternyata bertahan hingga turun minum.
 
Usai turun minum, Juve yang sudah unggul 1-0 lewat gol Matri masih memeragakan permainan agresifnya. Tapi Udinese tak mau kalah, Di Natale mendapatkan peluangnya melalui serangan balik. Tapi tendangan Di Natale masih melebar dari gawang Buffon.
 
Keasyikan menyerang, Juve pun kecolongan. Kembali melalui serangan balik di menit ke 56, Floro Flores yang baru saja masuk menggantikan Almen Abdi, mendapatkan umpan terobosan dari Isla yang mampu dikonversi menjadi gol. Sehingga memaksa kedudukan menjadi imbang 1-1.
 
Juve kembali unggul dan lagi-lagi lewat kaki Matri. Bermula di sektor kiri pertahanan Udinese, Vidal mengirimkan umpan lambung ke Claudio Marchisio, yang langsung mengirimkan ke Matri. Dikawal oleh bek Udinese, Matri masih bisa melepaskan bola mendatarnya tanpa mampu ditahan Handanovic. Skor berubah menjadi 2-1 di menit ke 62 untuk keunggulan Juve.
 
Unggul 2-1, Juve mencoba mengendurkan tempo permainan. Dengan lebih mengandalkan ball possession serta bermain-main di lini pertahanan mereka. Namun lima menit jelang pertandingan usai, Udinese berusaha menekan tuan rumah.
 
Tambahan tiga menit yang diberikan wasit juga tak mampu memberikan Udinese gol balasan untuk kedua kalinya. Skor tipis 2-1 tampaknya sudah cukup membuat si Nyonya Tua puas. Sekaligus mengokohkan posisi mereka sebagai Capolista dengan 44 poin. Sementara posisi Udinese terancam dengan Inter Milan yang hanya berjarak tiga poin.
 
Susunan Pemain:
JUVENTUS : 1. G. Buffon, 15. A. Barzagli, 26. S. Lichtsteiner (De Ceglie 83’), 19. L. Bonucci, 3. G. Chiellini, 21. A. Pirlo, 22. A. Vidal, 28. M. Estigarribia (Pepe 64’), 24. E. Giaccherini, 18. F. Quagliarella (Marchisio 61’), 32. A. Matri
 
UDINESE: 1. S. Handanovic, 8. D. Basta, 26. G. Pasquale, 32. D. Ferronetti, 5. Danilo, 11. M. Domizzi (Battochio 73’), 3. M. Isla (Pereyra 86’), 27. P. Armero, 6. G. Fernandes, 23. A. Abdi (Floro Flores 46’), 10. A. Di Natale

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More