Jumat, 27 Januari 2012

Jarak Tablet Android dan iPad Semakin Dekat

CALIFORNIA - Kendati saat ini penjualan tablet di seluruh dunia masih didominasi oleh iPad, namun tablet berbasis Android mulai memperkecil gap atau jarak dengan perangkat buatan Apple tersebut. Buktinya, dalam laporan kuartal terakhir, market share iPad turun malah tablet Android yang naik.

Menurut analis, di kuartal keempat kemarin share tablet Android berhasil mencapai 39 persen, atau naik 10 persen dari sebelumnya 29 persen. Sedangkan di kuartal yang sama, iPad yang sebelumnya menguasai pangsa pasar 68 persen, justru turun menjadi 58 persen.

Menurut Peter King dari Strategy Analytics, pengapalan tablet di kuartal keempat mencapai 26,8 juta unit atau naik hingga 150 persen dari periode yang sama. Apple berhasil menjual 15,4 juta unit iPad, sedangkan tablet Android membuntuti dengan pengapalan 10,5 juta unit.

"Apple harusnya mulai khawatir dengan tablet Android entry level yang mulai menguasi di pasar selama kuartal ini," ujar King, seperti dikutip DigiTimes, Jumat (27/1/2012).

"Tahun ini juga akan hadir Windows 8, namun itu belum cukup untuk Microsoft mengejar ketinggalan. Peran penting partner hardware harus teruji untuk melanjutkan kompetisi," katanya.

Secara global, tahun lalu pengapalan tablet mencapai 66,9 juta unit atau naik 260 persen dari tahun 2010 yang pengapalannya mencapai 18,6 juta persen.

"Telah terjadi pergeseran, konsumen saat ini lebih prefer membeli tablet ketimbang netbook dan notebook atau desktop dengan harga murah," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More