Kamis, 16 Februari 2012

Mimpi Persipura ke LCA Kandas, ditaklukan Adelaide United 0-3.

ADELAIDE – Mimpi Persipura untuk tampil di Liga Champions Asia 2012 akhirnya kandas setelah dalam laga play-off di Stadion Hindmarsh ditaklukan Adelaide United 0-3.

Gol Nigel Boogaard di menit ke-12 lalu Evgeniy Levchenko di menit ke-57 dan ditutup oleh Sergio Van Dijk di menit ke-84 membuat Adelaide keluar sebagai pemenang. Dan mengingat play-off hanya digelar sekali, maka Adelaide langsung lolos ke penyisihan grup LCA.

Adelaide akan tergabung di Grup E bersama dengan Bunyodkor (Uzbekistan), Gamba Osaka (Jepang), dan pemenang antara Pohang Steelers (Korea Selatan) atau Chonburi (Thailand). Dengan demikian, Persipura tidak akan bermain di kompetisi Asia apapun musim ini karena klub yang kalah di play-offLCA tidak diberi jatah tampil di AFC Cup.

Persipura yang notabene klub terbaik di Indonesia terlihat kesulitan sejak awal pertandingan karena kurangnya persiapan plus tidak diperkuat oleh kapten sekaligus striker andalannya Boaz Solossa yang tengah cedera. Persipura pun lebih banyak menunggu sambil sesekali melakukan serangan balik.

Tuan rumah sudah unggul saat laga baru berjalan 11 menit. Berawal dari sepak pojok Dario Vidosic, sundulan Evgeniy Levchenko masih bisa dihalau pemain Persipura di garis gawang tapi bola muntah berhasil disambar Boogaard. Adelaide pun unggul satu kosong.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Adelaide nyaris menambah keunggulan setelah mendapat dua peluang beruntun. Keluar menyerangnya para pemain Persipura setelah tertinggal satu gol dimanfaatkan betul oleh Adelaide. Pada menit ke-13, tendangan kaki kiri Iain Ramsay masih membentur tiang dan pada menit ke-14 tendangan Bruce Djite masih bisa ditahan Yoo Jae-Hoon.

Memasuki menit ke-15, Persipura mulai bisa mengimbangi permainan Adelaide. Dimotori oleh Beto, Persipura berkali-kali menyerang pertahanan tuan rumah. Hanya saja rapatnya lini belakang Adelaide membuat serangan Persipura selalu mentah.

Peluang pertama Persipura didapat di menit ke-29 ketika penetrasi Titus Bonai masih bisa dihalau oleh penjaga gawang Eugen Galekovic dan Yustinus Pae yang menendang bola muntah dari luar kotak penalti masih tipis di atas gawang Adelaide.

Adelaide kembali mendapat peluang pada menit ke-33 saat Sergio Van Dijk berhasil memperdaya Bio Pauline dan Ian Kabes sebelum melepaskan umpan kepada Vidosic. Namun, tendangan Vidosic masih melebar ke samping kanan gawang Jae Hoon.

Hanya berselang dua menit kemudian pada menit ke-35, Adelaide kembali mendapat peluang lagi-lagi melalui Van Dijk. Namun, tendangan kaki kirinya masih lemah dan bisa ditangkap oleh Jae Hoon. Hingga babak pertama usai, Adelaide masih unggul 1-0 dan berada di atas angin.

Memasuki babak kedua, Adelaide masih menguasai permainan. Pada menit ke-53, sundulan Djite nyaris membobol gawang Persipura tetapi masih bisa ditepis oleh Jae-Hoon.

Gol tambahan tuan rumah akhirnya tercipta di menit ke-57 saat sundulan Levchenko di depan gawang Persipura memanfaatkan umpan sundulan pemain belakang Adelaide, Osama Malik berhasil menjebol gawang Jae-Hoon. Dua kosong bagi Adelaide.

Setelah gol ini, Adelaide mulai menurunkan tempo permainan. Namun, tetap saja Persipura gagal membahayakan gawang Galekovic. Malah, Adelaide yang berkali-kali nyaris mencetak gol tambahan.

Striker keturunan Indonesia, Van Dijk akhirnya menutup pesta gol Adelaide lewat tendangan keras kaki kirinya memanfaatkan umpan Caravella di dalam kotak penalti pada menit ke-84. Adelaide pun menutup pertandingan dengan kemenangan telak tiga kosong.

Susunan pemain:

Adelaide United (4-4-2): 1-Galekovic; 2-Malik, 6-Cassio, 3-Boogaard, 14-Watson; 18-Barbiero, 10-Vidosic (15-Melling 75’), 8-Levchenko, 17-Ramsay (7-Caravella.67’); 11-Djite (23-Kostopoulos 66’), 9-Van Dijk.
Pemain cadangan: 38-Hall, 26-Mavromatis, 13-Da Silva, 27-Elsey.

Persipura Jayapura (3-5-2): 1-Jae Hoon; 4-Salampessy, 12-Padwa (5-Zah Rahan 32’), 45-Bio Paulin; 13-Kabes, 44-Tjoe (6-Wanggai 79’), 15-Pangkali, 14-Banggo (18-Mandowen 58’), 21-Pae; 25-Tibo, 9-Beto
Pemain cadangan: 16-Sabililah, 3-Laly, 11-Tata, 17-Pae.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More