Sabtu, 18 Februari 2012

Hantam Catania, Juve Capolista Lagi

TURIN – Juventus kembali meraih Capolista usai menaklukan tamunya, Catania 3-1. Sempat tertinggal lewat gol Pablo Barrientos. Juve langsung membalas dengan tiga gol lewat kaki Andrea Pirlo, sundulan Giorgio Chiellini, serta tembakan Fabio Quagliarella.
 
Menjamu Catania, Juventus memakai pola yang biasa digunakan di kancah Piala Italia 3-5-2 namun dua penyerang di depan seperti tidak biasanya. Di mana Fabio Quagliarella yang menjadi starter dipasangkan dengan Marco Borriello. Uniknya lagi pada pertandingan kali ini, Conte memasang 11 pemain starter yang semuanya berkebangsaan Italia.
 
Juventus pun langsung menyerang. Beberapa peluang diciptakan oleh dua penyerang mereka dan pemain tengah Claudio Marchisio. Namun upaya mereka masih belum menemui sasaran.
 
Justru tim tamu Catania yang mengejutkan publik Juventus Arena, setelah unggul lewat gol dari Pablo Barrientos. Tendangan keras gelandang Internasional Argentina itu tidak mampu dicegah kiper Juventus Gianluigi Buffon. Skor 1-0 untuk keunggulan Catania.
 
Nyonya tua langsung merespon, beberapa peluang langsung mereka ciptakan. Terutama umpan dari Paolo De Ceglie dari sisi kiri berhasil disambut lewat tendangan salto Borriello, tapi sayang tendangannya masih mengenai bek Catania. Begitu juga dengan sundulannya yang masih ditangkap dengan baik oleh kiper Catania.
 
Menit ke-20 Juve mendapatkan tendangan bebas, setelah Pirlo dijatuhkan di depan kotak terlarang. Alhasil Pirlo mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebasnya yang masuk ke gawang Catania tanpa mampu dihalau baik dari pagar betis maupun penjaga gawang Catania. Skor pun berubah menjadi 1-1.
 
Catania balik mengancam, kali ini di menit ke 32 tim tamu lewat serangan balik. Tendangan keras Bergessio masih mengenai mistar gawang Buffon.
 
Juve gantian membangun serangan, dua kali Bianconeri menciptakan peluang. Satu dari tendangan keras Pirlo yang masih mampu ditepis, satu lagi lewat tendangan melambung Quagliarella yang masih membentur mistar.
 
Beberapa upaya dari Juve untuk bisa unggul terus dilakukan baik dari serangan sayap maupun dari sector tengah. Namun skor tetap tak berubah masih 1-1 hingga akhir babak pertama usai.
 
Pertandingan memasuki babak yang kedua, tempo permainan pun langsung tinggi. Juve yang mendominasi jalannya pertandingan, sesekali tertekan menghadapi serangan balik dari tim tamu. Permainan keras menjurus kasar ditunjukkan oleh para pemain Catania. Termasuk yang dilakukan bek Marco Motta terhadap De Ceglie dan kartu merah (akumulasi kartu kuning) terpaksa diterimanya. Mulai menit ke 65 Catania pun harus bermain dengan 10 pemain.
 
Juve tak ingin kehilangan poin lagi, apalagi bermain dengan unggul jumlah pemain. Langkah pertama mereka adalah mengurung pertahanan Catania yang kopong di sisi kanannya.
 
Menit ke-71 Juve mendapatkan peluang emas. Melalui kaki Marchisio yang memanfaatkan umpan lambung dari Pirlo. Tapi sayang, tendangannya masih terlalu lemah.
 
Akhirnya Juve bisa balik memimpin lewat gol Giorgio Chiellini di menit ke 74. Berawal dari tendangan bebas Andrea Pirlo dari sisi kiri pertahanan Catania, bola yang melambung tak dapat dijangkau oleh kiper Catania Thomas Kosicky, Chiellini yang dengan kawalan ketat mampu menyundul bola yang langsung masuk ke gawang si Gajah, julukan Catania. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Juve.
 
Setelah unggul jumlah pemain Juve semakin menjauh dari Catania, Bianconeri menambah gol lagi kali ini lewat kaki Quagliarella. Bermula dari tendangan gawang yang tak sempurna dari Kosicky, ternyata menghampiri Pirlo. Tanpa berpikir panjang, eks maestro Milan ini langsung mengirim bola ke arah Quagliarella. Dan, mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Quagliarella untuk membawa Juve memimpin 3-1.
 
Dengan hasil ini, maka Juve kembali memimpin klasemen sementara Serie A dengan 49 poin. Unggul dua poin dari rival terberat mereka AC Milan yang baru mengoleksi 47 poin.
 
Susunan Pemain:
Juventus: 1. G. Buffon, 15. A. Barzagli, 19. L. Bonucci, 3. G. Chiellini, 11. P. De Ceglie (Vucinic 68’), 21. A. Pirlo, 20. S. Padoin (Pepe 61’), 8. C. Marchisio, 24. E. Giaccherini, 23.M. Borriello (Lichtsteiner 76’), 18. F. Quagliarella
 
Catania: 1. T. Kosicky, 12. G. Marchese, 11. M. Motta, 6. N. Legrottaglie, 14. G. Bellusci, 4. S. Almiron, 13. M. Izco, 28. P. Barrientos (Biagianti 50’), 17. A. Gomez (Seymour 71’), 10 F. Lodi (Spolli 60’), 18. G. Bergessio

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More