Kamis, 16 Februari 2012

Balikkan Keadaan, City Benamkan Porto

PORTO – Manchester City sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1 saat menghadapi tuan rumah FC Porto setelah sempat tertinggal 1-0 di babak pertama dalam laga leg pertama babak 32 besar Europa League, Jumat (17/2/2012) dini hari WIB.
 
Di awal babak pertama, tempo pertandingan berjalan tak begitu cepat. Kedua tim masih berhati-hati dalam melancarkan serangan. Porto yang bertindak sebagai tuan rumah memilih bermain sabar dengan menerapkan umpan-umpan pendek sebelum menyerbu pertahanan City.
 
Sementara The Citizens terlihat cukup sibuk menjaga pertahanan mereka dari serangan Joao Moutinho cs. Meski demikian, lini belakang City cukup disiplin, terbukti peluang bagus yang didapat bek Porto, Rolando masih bisa diamankan Gael Clichy di menit ke-15.
 
City mencoba keluar menyerang, di menit ke-21 mereka mendapat peluang lewat aksi Samir Nasri yang mendapat umpan dari David Silva. Namun, tendangan Nasri masih bisa diselamatkan kiper Porto, Helton.
 
Keasyikan menyerang, City malah kebobolan pada menit ke-26, berawal dari aksi Hulk di sisi kiri pertahanan City, bomber asal Brasil ini mengirim umpan silang. Bola langsung disambar Silvestre Varela yang berdiri tanpa kawalan ketat untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.
 
Pertandingan di babak pertama juga berlangsung keras, beberapa kali laga sempat terhenti karena beberapa pemain, baik City maupun Porto kena tekel dan terjatuh. Hingga babak pertama usai, belum ada gol lagi yang tercipta.
 
Babak kedua
 
Porto yang dalam posisi unggul memilih tak bermain lebih agresif di awal babak kedua, lain hal dengan City yang mencoba mendominasi permainan untuk mengejar ketinggalan mereka.
 
Kengototan City untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah hasil ada menit ke-53. Berawal dari Yaya Toure yang mengirim umpan langsung kepada Mario Balotelli yang saat itu berebut dengan bek Porto, Alvaro Pereira untuk menerima bola, sayang kencangnya bola malah mengenai bahu Pereira dan masuk ke gawang timnya sendiri, sehingga membuat kedudukan menjadi 1-1.
 
Setelah gol tersebut, permainan semakin terbuka, jual beli serangan terjadi, baik Porto maupun City berupaya untuk mengungguli satu sama lain. Permainan juga menjurus semakin keras, terutama pemain City yang cukup banyak mendapat kartu kuning.
 
Porto sebagai tuan rumah, tentu enggan hanya bermain imbang di kandang mereka sendiri, apalagi di leg kedua mereka harus bertandang ke Etihad Stadium, maka kemenangan mau tak mau harus didapat. Tim asuhan Vitor Pereira ini pun terus menekan pertahanan City.
 
Sementara City sendiri setelah menyamakan kedudukan lebih sering mengandalkan serangan balik. Namun, strategi inilah malah yang membuat City berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1.
 
Gol tersebut datang dari pemain pengganti Kun Aguero di menit ke-83, yang mendapat umpan matang dari Yaya Toure. Gol ini tentu saja mengejutkan Porto yang terlihat lebih ofensif di babak kedua.
 
Mancini terlihat ingin mengamankan hasil 2-1 ini, dia memasukkan dua bek sekaligus, Aleksandar Kolarov dan Pablo Zabaleta guna memperkokoh lini belakang The Citizens. Terbukti hingga pertandingan usai, gawang City aman dari kebobolan.
 
Susunan pemain kedua tim:
 
Porto: Helton, Danilo (Mangala 22 (Defour 89)) , Maicon, A. Pereira, Rolando, L. Gonzalez, J. Moutinho, J. Rodriguez, Fernando, Hulk, Varela (Pinheiro 77).
 
Manchester City: Hart; Richards, Kompany, Lescott, Clichy; Barry, De Jong; Silva (Kolarov 83), Yaya Toure, Nasri (Zabaleta 88); Balotelli (Aguero 78)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More