Minggu, 25 Maret 2012

Warga Mesir Tak Ingin Negaranya Dekat dengan AS

KAIRO - Menurut survei dari Gallup, mayoritas warga Mesir memandang kedekatan hubungan antara negaranya dan Amerika Serikat (AS) merupakan hal yang negatif.
Sebanyak 56 persen warga Mesir yakin, kedekatan hubungan antara Mesir dan AS akan sangat berbahaya. Sementara itu, hanya 28 persen warga Mesir yang menganggap penting akan hubungan bilateral AS dan Mesir. Banyak warga Mesir menganggap negaranya patut menjalin hubungan bilateral yang erat dengan Turki, sementara itu 40 persen lainnya menginginkan kedekatan hubungan antara Mesir dan Iran. 
"Respons negatif yang dilontarkan warga Mesir dalam menyikapi hubungan bilateral AS dan negaranya muncul di saat adanya ketegangan hubungan AS dan Mesir. Belakangan ini, Dewan Militer Mesir juga sempat terlibat dalam sejumlah masalah dengan aktivis LSM AS dan Mesir," demikian laporan dari Gallup, seperti diberitakan Egypt Independent, Minggu (25/3/2012).
Pada Kamis lalu, Presiden Barack Obama mengatakan pada Kongres AS bahwa dirinya hendak memberikan bantuan militer ke Mesir senilai miliran dolar meski banyak kekhawatiran akan adanya halangan proses demokratisasi di Negeri Piramida itu. 
Survei yang dilakukan oleh Gallup juga menyebutkan bahwa hampir setengah dari warga Mesir yang mendukung proses perdamaian Mesir dan Israel.
"Jumlah warga Mesir yang menganggap pentingnya proses perdamaian Mesir dan Israel kian meningkat. Hampir setengah warga Mesir (48 persen) mengatakan hal demikian," ujar pihak Gallup 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More