Jumat, 09 Desember 2011

Yamaha Indonesia Bertekad Ikut MotoGP Lagi




Malang - Lewat Yamaha Cup Race (YCR), Yamaha Indonesia gencar mencari pembalap-pembalap berbakat. Soalnya mereka punya ambisi untuk kembali menembus balap motor kelas premium, MotoGP, pada 2014.

YCR merupakan bentuk komitmen Yamaha dalam membangun industri balap motor di Indonesia menjadi bergairah. Hingga tahun ini event YCR telah memasuki edisi ke-22.

Yamaha bangga atas prestasi para alumnusnya seperti Petrus Tobun Canisius, Ahmad Jayadi, Roy Ardianto, Hendriansyah hingga era Doni Tata Pradita yang sukses naik ke pentas dunia dengan menembus GP 125cc dan GP 250cc.

Doni Tata adalah pembalap Indonesia pertama yang tampil di balap motor grand prix. Pada tahun 2005-2006, pembalap asal Sleman ini tampil di kelas 125cc dan pada dua tahun berikutnya dia menjajal kelas 250cc. 

Namun Yamaha tak puas sampai disitu. Yamaha ingin membawa pembalap Indonesia menuju event yang lebih tinggi lagi dalam jangka waktu beberapa tahun mendatang.

"Pada tahun 2014, target kami ingin membawa pembalap entry di MotoGP,"seru Ari Wibisono, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia dalam konferensi pers jelang YCR 2011 seri Malang di Sirkuit Kanjuruhan, Jumat (9/12/2011).

Pada tahun 2011, YCR menggelar 14 seri di seluruh Indonesia dengan dimulai dari Makassar, kemudian berlanjut ke Purwokerto, Medan, Padang, Kediri, Bali, Lombok, Lampung, Bangka, Jambi, Bengkulu, Cirebon dan berakhir dengan seri grand final di Malang.

Seri pamungkas akan digelar di Sirkuit Kanjuruhan, Minggu (11/12/2011). Sebanyak tujuh kelas diperlombakan, yakni Bebek 125 cc 4 Tak Tune Up seeded, Bebek 110 cc 4 Tak Tune Up seeded, 125 cc 4 Tak Tune Up Pemula, Bebek 110 cc dan Bebek 110cc standar < 16 tahun pemula. Adapun dua kelas tambahan untuk pembalap lokal Jawa Timur adalah Matic 130 cc standar Tune Up pemula dan Bebek standar showroom 110 cc pemula.

Hasil dari grand final ini tidak hanya akan memperebutkan sejumlah hadiah dan titel juara. Namun juga tiket balapan ke level yang lebih tinggi yakni Yamaha ASEAN Cup Race di Thailand, awal tahun depan.

Sebanyak 10 pembalap terbaik akan disaring, dengan masing-masing lima pembalap seeded dan lima pembalap pemula.

"Sepuluh orang akan dibawa ke Luar Negeri ke Phuket, Thailand kalau tidak Januari, Februari tahun depan. Mereka tediri atas lima pembalap seeded dan lima pembalap pemula," tukas Ari.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More