Senin, 26 Desember 2011

Google Bayar 3 Kali Lipat ke Mozilla


CALIFORNIA - Google dilaporkan akan membayar tiga kali lipat lebih banyak, untuk lalu lintas pencarian dari pengguna Firefox. Hal ini merupakan kesepakatan baru Google dengan Mozilla, sebagai organisasi non-profit dibelakang browser open source tersebut.

Dilansir Telegraph, Senin (26/12/2011), Google kini akan membayar hanya di bawah USD300 juta, yang sebelumnya USD100 juta per tahun sebelumnya, untuk menjadi mesin pencari default di Firefox.

Ada spekulasi bahwa kemitraan tersebut berada di bawah ancaman, hal ini disebabkan pada bulan lalu, Chrome yang merupakan browser milik Google berhasil menyalip Firefox dan merajai pangsa pasar di selurh dunia. Sehingga bisa dibilang, Mozilla sangat bergantung pada kesepakatan pencarian untuk mengembangkan dana Firefox.

Sementara itu, Google tampak cukup berambisi untuk mempertahankan dominasinya di pencarian web, yang merupakan sumber dari hampir semua pendapatan. Sehingga akhirnya mempertimbangkan untuk mengutamakan persaingan di pasar browser.

"Mozilla telah menjadi mitra berharga bagi Google selama bertahun-tahun, dan kami berharap untuk melanjutkan kemitraan ini dalam tahun-tahun mendatang," ujar Alan Eustace, Senior Vice President pencarian Google.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More