Sabtu, 31 Desember 2011

Tahun 2011 dalam Angka

Beberapa saat lagi kita akan menyongsong tahun baru. Sebelum memasuki 2012, ada baiknya kita melihat statistik-statistik dunia sepakbola sepanjang 2011. Seperti disarikan dari FIFA, berikut tahun 2011 dalam angka:
 
98.943
Jumlah penonton yang menyaksikan final Piala Dunia U-17 Meksiko di Stadion Azteca saat tuan rumah Meksiko mengalahkan Uruguay 2-0 pada Juli lalu. Besaran penonton final yang luar biasa ini seakan menjadi klimaks dari event tersebut yang total mampu menyedot penonton hingga 1.002.314 orang.
 
178
Penampilan internasional yang hadir kala pemain veteran Mesir berusia 36 tahun Ahmed Hassan melawan Brasil yang berakhir 0-2 pada November silam. Pemain yang melakukan debutnya sejak 1995 lalu itu hanya butuh satu penampilan lagi guna melewati 178 caps milik kiper legendaris Arab Saudi Mohamed Al-Deayea untuk menjadi pemain dengan jumlah penampilan internasional terbanyak sepanjang sejarah sepakbola.
 
150
Rekor tak terkalahkan di kandang sendiri milik Jose Mourinho yang harus berakhir secara tak terduga pada April lalu. Pertandingan yang dilalui selama sembilan tahun, satu bulan, 10 hari bersama empat klub berbeda harus kandas di tangan Sporting Gijon. Los Rojiblancos pun menjadi klub pertama sejak Beira Mar di Portugal pada 2002 lalu yang berhasil mengalhkan klub asuhan Mourinho di kandangnya. Pelatih Manuel Preciado juga menjadi pelatih pertama yang sukses setelah 107 pelatih sebelumnya selalu gagal.
 
110
Tahun yang dilewati oleh River Plate di divisi teratas Argentina sebelum terdegradasi pada Juni silam. Raksasa Argentina dan Amerika Latin itu harus terdemosi untuk pertama kalinya setelah hanya bermain imbang 1-1 menghadapi Berlgrano—laga kesembilan mereka berturut-turut tanpa menang—yang membuat aggregrat menjadi 1-3 dalam laga playoff promosi.
 
108
Total gol yang dihasilkan oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sepanjang 2011 lalu. Kandidat Ballon d’Or ini sekali lagi menorehkan performa sangat luar biasa, di mana Messi mencetak 55 gol dari 57 partai Barcelona sementara Ronaldo mencatat 53 gol dari hanya 51 laga Real Madrid.
 
100
Tahun penantian klub asal Norwegia Molde untuk meraih trofi liga pertamanya sepanjang sejarah klub. Di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, klub berjuluk Blahvit (biru-putih) itu pun sukses merayakan centenary (100 tahun) mereka dengan menjadi yang terbaik di Norwegia pada Oktober silam.
 
57
Tahun tanpa gelar liga yang akhirnya berhasil diakhiri Lille pada Mei lalu. Tak ada klub dalam sejarah divisi teratas Prancis yang mesti menunggu selama itu untuk meraih gelar Ligue 1.
 
46
Jumlah gol yang menjadi rekor baru tim nasional Spanyol yang ditorehkan oleh David Villa pada Maret silam. El Guaje (Si Bocah) hanya butuh 72 pertandingan untuk melewati rekor milik Raul Gonzalez. Bukan hanya Villa, Iker Casillas pun menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi Spanyol saat mencatatkan penampilan ke-127 nya bulan lalu sekaligus melampaui pemilik rekor sebelumnya Andoni Zubizarreta.
 
32
Gol yang dihasilkan Diego Forlan dari 82 penampilannya bersama Uruguay untuk membawanya menjadi pencetak gol terbanyak Los Charuas saat bermain imbang 1-1 kontra Paraguay pada Oktober lalu. Striker Inter Milan itu melangkahi rekor milik Hoctor Scarone. Di awal tahun ini, Forlan mengikuti jejak kakek dan ayahnya saat membawa Uruguay menjuarai Copa America 2011, gelar ke-15 bagi La Celeste.
 
30
Kemenangan berturut-turut tim sepakbola pantai Brasil yang harus terhenti pada September silam saat kalah 8-12 dari Rusia di final Piala Dunia Sepakbola Pantai di Ravenna. Inilah kekalahan pertama Brasil sejak menyerah dari Portugal di semifinal 2005 silam.
 
29
Laga tanpa kalah yang membawa Boca Juniors meraih gelar Apertura pada dua pekan lalu. Los Xeneizes pun menjadi tim pertama dalam 26 tahun liga Argentina yang mengakhiri musim tanpa terkalahkan.
 
23
Kemenangan, dua seri, dan tanpa kekalahan yang mengantar Porto meraih gelar Liga Portugal pada April silam. Os Dragoes pun menjadi tim pertama sejak Benfica 1972-73 yang melalui liga tanpa terkalahkan.
 
19
Gelar Liga Inggris yang berhasil direbut oleh Manchester United pada Mei lalu. Setan Merah pun menjadi tim Inggris tersukses, satu gelar liga lebih banyak dibanding seteru abadi mereka Liverpool. Selain itu, Ryan Giggs pun menorehkan catatan istimewa saat bermain imbang 1-1 melawan Blackburn Rovers pada Mei yang mengantarnya menjadi pemilik caps Premier League terbanyak mengalahkan David James dengan 573 penampilan.
 
15
Juta euro yang mesti dibayarkan Chelsea kepada Porto untuk menebus Andre Villas-Boas pada Juni silam. Villas-Boas pun menjadi pelatih termahal sepanjang sejarah sepakbola. Sebulan sebelumnya, Villas-Boas menjadi pelatih termuda yang memenangi titel Eropa saat membawa Porto merebut Europa League dengan usia hanya 33 tahun 213 hari.
 
13
Gelar dari 16 kompetisi yang berhasil dimenangi Barcelona di bawah asuhan Josep Guardiola. Catatan luar biasa ini hadir saat Barca memenangi Piala Dunia Antarklub pertengahan bulan ini. Kemenangan 4-0 atas Santos di final diraih dengan 11 pemain binaan klub dan Lionel Messi menjadi pemain bernomor punggung 10 pertama yang sukses mencetak gol di dua final Piala Dunia Antarklub yang berbeda.
 
5
Gol yang tercipta di final Piala Dunia U-20 Kolombia atau yang terbanyak dalam 34 tahun turnamen tersebut saat Brasil mengalahkan Portugal 3-2. Semua gol Tim Samba dicetak oleh Oscar dan menjadikannya pemain pertama yang mampu mencetak hattrick di final.
 
4
Trofi Piala Asia yang sukses diraih Jepang usai mengalahkan Australia 1-0 di final pada Januari lalu. Tim Samurai Biru pun menjadi negara tersukses di Asia mengalahkan Arab Saudi dan Iran yang mengoleksi tiga gelar.
 
3
Peserta debutan Piala Afrika 2012—Botswana, Niger, dan Guinea Ekuatorial—yang akan digelar mulai 15 Januari 2012 mendatang di mana dari 14 juara Piala Afrika sebelumnya hanya dua negara saja yang berhasil lolos ke Niger-Guinea Ekuatorial 2012 yakni Pantai Gading dan Tunisia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More