Kamis, 05 April 2012

Bilbao & Valencia Lolos ke Semifinal

Bilbao - Dua wakil La Liga, Athletic Bilbao dan Valencia, lolos ke babak semifinal Liga Europa. Bilbao lolos usai menyingkirkan Schalke 04, sementara Valencia melaju setelah mengandaskan AZ Alkmaar.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion San Mames, Jumat (6/4/2012) dinihari WIB, Bilbao yang tampil impresif ketika membuat Manchester United masuk kotak di babak 16 besar, melanjutkan performa serupa. Los Leonesbermain imbang 2-2 dengan Schalke, namun lolos berkat aggregate 6-4.

Fernando Llorente dkk. tampil dominan seperti biasa dengan rata-rata penguasaan bola mencapai 58%. Mereka juga menciptakan enam shots on goal dari 11 percobaan yang dilepaskan sepanjang pertandingan. Tetapi, Schalke juga menunjukkan performa yang tak kalah bagus.

Meski berada dalam keadaan tertinggal aggregate 2-4, Die Knappen justru unggul lebih dulu ketika tendangan Klaas-Jan Huntelaar dari luar kotak penalti gagal dihalau oleh Gorka Iraizoz di menit ke-28. Tendangan Huntelaar mengarah ke pojok bawah gawang tanpa bisa dijangkau Iraizoz.

Tetapi, Bilbao membalas lewat gol yang tak kalah bagusnya. Ibai Gomez, yang tengah berada di sisi kiri lapangan, melepaskan sebuah tendangan melengkung ke tiang jauh. Lars Unnerstall melompat untuk mengangkau tembakan Gomez, namun gagal. Skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-41 laga.

Di babak kedua, tepatnya di menit ke-52, Schalke kembali unggul melalui tendangan Raul Gonzalez. Kembali, gol tercipta dengan cara yang sangat apik. Rentetan operan pemain-pemain Schalke berakhir di kaki Raul. Mantan pangeran Santiago Bernabeu itu kemudian melepaskan tendangan kaki kiri terarah dari luar kotak penalti dan Iraizoz gagal menepisnya.

Bilbao hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk menyamakan kedudukan. Finishing dari Markel Susaeta dari dalam kotak penalti membuat Unnerstall harus memungut bola dari dalam gawangnya sekali lagi. Skor 2-2 kemudian bertahan sampai laga habis.

Adil Rami membuat Valencia unggul 2-0 di tujuh belas menit pertama berkat dua gol yang dicetaknya. Jordi Alba dan Pablo kemudian memperbesar keunggulan 'Kelelawar Mestalla' di babak kedua sekaligus memastikan raihan tiket ke babak empat besar.

Susunan Pemain

Athletic Bilbao: Iraizoz, Aurtenetxe, Amorebieta, Iraola (Gomez 30, San Jose 74), Ekiza, De Marcos, Herrera, Martinez, Llorente (Toquero 58), Susaeta, Muniain.

Schalke 04: Unnerstall, Escudero, Hoogland, Papadopoulos, Holtby (Hoeger 72), Jones, Jurado (Farfan 61), Matip, Raul Gonzalez, Ogbuke (Marica 62), Huntelaar

Valencia: Diego Alves, Rami, Barragan, Jordi Alba, Ricardo Costa, Mathieu, Mehmet, Feghouli (Pablo 76), Tino Costa (Maduro 84), Jonas (Parejo 68), Soldado.

AZ Alkmaar: Esteban, Marcellis, Viergever, Poulsen, Moisander, Maher, Martens, Elm, Holman (Gudmundsson 46), Altidore (Benshop 68), Beerens (Falkenburg 79).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More