Minggu, 01 April 2012

Agus Marto: Indonesia Negara yang Ekonominya Kuat

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengungkapkan bila Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai perekonomian yang kuat karena ekonomi domestik yang kuat.

"Indonesia selama ini dikenal sebagai negara yang ekonominya kuat, antara lain karena ekonomi domestiknya kuar, pinjaman terhadap GDP-nya rendah, dan sekarang kita tetap bisa jaga fiskal kita dalam keadaan sehat," tukas Agus Marto kepada wartawan, di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (31/3/2012) malam.

Maka dari itu, ditambahkannya, pemerintah akan terus menjaga dan menyelamatkan fiskal Indonesia untuk melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), dan ini akan dilakukan apabila sangat diperlukan.

"Tapi pembahasan di DPR (kenaikan harga BBM) membuat suatu keputusan yang tentu kita dapat terima, yang utama adalah kita memiliki kewenangan kalau harga minyak dunia meningkat dengan tajam," tuturnya.

Agus menjelaskan, pemerintah mengajukan untuk bisa melakukan APBNP, di dalamnya antara lain ingin pemerintah mempunyai kewenangan menyesuaikan harga BBM apabila diperlukan. Karena pihaknya melihat krisis dunia dan harga minyak dunia, sehingga pemerintah perlu memiliki itu.

"Tapi pada intinya, kita sambut baik sudah ada keputusan tentang APBNP 2012 dan kita melihatnya memberikan banyak respons, bukan hanya dari sisi anggaran, tapi juga kesiapan Indonesia dalam bantalan-bantalan untuk anggaran infrastruktur, kompensasi dan juga penghematan belanja kementerian/lembaga," paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More